-->

Ciri Ciri Pencak Silat Indonesia

Sebelum kita masuk dalam topik pembahasan mengenai ciri-ciri pencak silat di Indonesia, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang organisasi resmi pencak silat indonesia. Yuk lihat dibawah ini.


Ciri Ciri Pencak Silat Indonesia

Ikatan Pencak Silat Indonesia (disingkat IPSI) adalah induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Pencak silat merupakan olahraga seni beladiri yang berasal dari bangsa Melayu, termasuk Indonesia. Jumlah perguruan pencak silat sangat banyak, berdasarkan catatan PB IPSI sampai dengan tahun 1993 telah mencapai 840 perguruan pencak silat di Indonesia. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). IPSI didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa TengahSetiap seni bela diri di dunia ini pasti memiliki sesuatu yang membedakannya dengan seni bela diri yang lainnya. (Wikipedia)

Menurut sucipto (2007:20) dalam bukunya materi pokok pencak silat) di katakan bahwa seni bela diri Pencak Silat Indonesia memiliki ciri umum dan ciri khusus di dalamnya.

Ciri umum pencak silat Indonesia antara lain :

  1. Pencak silat menggunakan seluruh bagian tubuh dan anggota badan dari kuku pada ujung jari-jari kaki atau tangan sampai dengan rambut (terutama wanita) untuk membela diri
  2. Pencak silat dilakukan dengan tangan kosong atau dengan senjata
  3. Pencak silat tidak memerlukan senjata tertentu, benda apapun dapat dijadikan enjata (kayu, batu, pasir, paying, saputangan, tas, tusuk konde, sandal, selendang, dan sebagainya)
  4. Pencak silat lahir dan tumbuh serasi dengan: alam sekitranya, alat istimewa, adab dan sopan santunnya, tempramennya/watak dan kepribadian suku bangsanya, agama atau kepercayaan dan kebatinannya.
Sedangkan ciri khusus dari pencak silat Indonesia adalah :

  1. Sikap tenang, lemas (relax) dan waspada
  2. Mempergunakan kelincahan, kelentukan, kecepatan, saat (timing) dan sasaran yang tepat disertai gerak reflek untuk mengatasi lawan bukan mengandalkan kekuatan tenaga
  3. Mempergunakan prinsip (timbang badan), permainan posisi dengan perubahan pemindahan titik berat badan.
  4. Memanfaatkan setiap serangan dan tenaga lawan
  5. Menghemat menyimpan tenaga mengeluarkan tenaga sedikit mungkin (ekonomis).

Sumber : Sucipto. 2007. Buku materi pokok pencak silat. Jakarta: Penerbit universitas terbuka

2 Responses to "Ciri Ciri Pencak Silat Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel